CYBER CHEATING DAN CYBER FLIRTING

20.28




    Dahulu, bila bicara selingkuh umumnya dimaksudkan adalah pertemuan dua lawan jenis secara rahasia, telepon sembunyi-sembunyi, dan memesan kamar hotel dengan nama samaran. Tetapi dalam dunia modern, perselingkuhan bukan hanya soal itu saja, ada juga disebut perselingkuhan maya (cyber cheating). Perselingkuhan juga tidak dapat terjadi jika tidak adanya  sebuah rayuan. Rayuan tersebut sering disebut juga Cyber Flirting. Rayuan rayuan tersebut dapat menimbulkan rasa cinta. Fungsi rayuan disini sebagai bahasa yang memiliki fungsi untuk menghindari konflik-konflik, menumbuhkan semangat kebersamaan.

Cyber Cheating dengan memalsukan identitas
    Dalam dunia teknologi informasi ini sangat mudah bagi pasangan untuk hidup secara terpisah. Dengan adanya teknologi ini seseorang dapat memenuhi segala imajinasi yang belum terpenuhi. Misalnya ada orang yang jelek rupanya bisa membuat dirinya menjadi pria muda, ganteng, kaya, dan pengusaha sukses. Seorang wanita biasa-biasa dapat mengubah dirinya menjadi cewek seksi, menarik, menikmati hidup dengan gaya hidup mewah. Itu semua dapat dipalsukan lewat profil yang kita imajinasikan. Misalnya di facebook, apa saja bisa kita isi tentang status kita. Kita bisa ganti foto dengan wajah ganteng atau artis cantik, dengan informasi pekerjaan dan pendidikan sesuai dengan imajinasi kita.

Contoh Kasus
    Bila di Barat, perempuan tergoda untuk menggunakan facebook di mana menurut penelitian bahwa usia wanita yang memakai facebook kebanyakan rata-rata 45-55 tahun. Para perempuan tengah baya ini terjebak dalam ketagihan menggunakan internet. Di Indonesia, menurut pengamatan saya para wanita tergoda memakai teknologi blackberry messenger. Banyak yang menjadi "autis" akan teknologi ini, artinya sudah tidak lagi mempedulikan dunia sekitarnya. Teknologi ini bisa mempertemukan kawan lama di sekolah, bahkan bisa melakukan percakapan tanpa batas dengan teman kantor atau usaha. Jadi bukan hanya media sosial saja yang menjadi ancaman, tetapi juga sms, bbm, yahoo messenger, dan berbagai teknologi lainnya.
 
    Umumnya penyesalan datang kemudian. Harus disadari bahwa ikatan emosional selalu mendahului ikatan fisik yaitu hubungan seks. Biasanya orang yang terjebak perselingkuhan maya tidak menyadarinya, di mana memang tidak bermaksud untuk selingkuh. Tetapi pikiran dan imajinasi yang tanpa batas membawa kepada godaan untuk mempraktekkannya di dunia nyata.

Cara Penyelesaian
    Kunci dari penyelesaikan permasalahan tersebut adalah membangun pagar dan menggunakan semua teknologi informasi dengan bijak dan transparan bersama pasangan. Menyadari bahaya dan bertindak lebih dini dalam melindungi diri selalu lebih baik daripada menyesal di kemudian hari.

Sumber:
http://www.joymag.co.za/article.php?id=214
 




You Might Also Like

0 komentar

Diberdayakan oleh Blogger.