PERILAKU PROSOSIAL DALAM BERINTERNET

19.34



Perilaku Prososial Baron & Byrne (2005) mengatakan bahwa perilaku prososial adalah suatu tindakan menolong yang menguntungkan orang lain tanpa harus menyediakan suatu keuntungan langsung pada orang yang melakukan tindakan tersebut, dan mungkin bahkan melibatkan suatu resiko bagi orang yang menolong.
Sosial individu sangat berperan dalam internet. Peran sosial individu dalam penggunaan internet (berinteraksi melalui internet) adalah dengan mengeluarkan pendapat di forum-forum online. Hal tersebut akan mendorong seorang netters untuk prososial. Mereka akan lebih bisa bersosialisasi dalam kehidupan nyata jika bisa berinteraksi dengan orang lain di internet. Meskipun biasanya yang aktif di dunia maya cenderung pasif di kehidupan nyata, namun berkat peran sosial dalam internet, maka orang yang tadinya pasif bisa menjadi aktif di dunia maya dan kehidupan nyata.

Mussen dalam Tinne (2012:7), perilaku prososial mencakup hal-hal sebagai berikut :
  1.  Berbagi, artinya kesedihan seseorang untuk berbagi perasaan dengan orang lain, baik dalam suasana suka maupun duka suasana duka
  2. Menolong, artinya kesedihan seseorang untuk memberikan bantuan kepada yang membutuhkan baik bantuan material maupun moral, termasuk di dalamnya menawarkan sesuatu yang dapat menunjang, terlaksananya kegiatan orang lain
  3. Kerjasama, artinya kesediaan seseorang untuk melakukan kerjasama dengan orang lain untuk mencapai tujuan bersama, termasuk di dalamnya saling memberi, saling menguntungkan
  4.  Bertindak jujur, artinya kesediaan seseorang untuk bertindak dan berkata apa adanya, tidak membohongi orang lain dan tidak melakukan kecurangan terhadap orang lain 
  5. Berdarma, artinya kesediaan seseorang untuk memberikan sebagian barang yang dimilikinya secara sukarela kepada orang yang mebutuhkan
 
  Dikarenakan saat ini masyarakat mulai beralih menggunakan teknologi digital dalam berkomunikasi maupun bertransaksi. Sejumlah  penggalangan dana saat ini dapat dilakukan  melalui jejaring media sosial. Hal ini dilakukan seiring terus meningkatnya jumlah pengguna sarana komunikasi itu. Tindakan tersebut masuk ke dalam dimensi perilaku sosial yaitu menyumbang karena  perbuatan tersebut bertujuan untuk memberikan secara materil kepada seseorang. 
    Contoh website yang befokus dalam penggalangan dana secara online adalah ACT (Aksi Cepat Tanggap). ACT adalah website yang aktivitasnya, mulai dari kegiatan tanggap darurat, kemudian pemulihan pascabencana, pemberdayaan dan pengembangan masyarakat, serta program berbasis spiritual seperti Qurban, Zakat dan Wakaf. ACT didukung oleh donatur publik dari masyarakat yang memiliki kepedulian tinggi terhadap permasalahan kemanusiaan dan juga partisipasi perusahaan melalui program kemitraan dan Corporate Social Responsibility (CSR). ACT menjadi sarana merajut kemitraan berbagai lembaga amil zakat, komunitas peduli, artis dan publik figur yang memiliki visi yang sama untuk kemanusiaan.
  
DAFTAR PUSTAKA:
  • Kurnila, I. (2013). “Perilaku prososial relawan yayasan ummi fadhilah Surabaya”. Skripsi. Fakultas Psikologi UIN Sunan Ampel Surabaya. Diambil dari http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/10881
  • https://act.id/program

You Might Also Like

0 komentar

Diberdayakan oleh Blogger.